Urip Iku Urup

. Hits: 78

Ringkasan khotbah Minggu pagi, 30 April 2023 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

Tuhan itu baik setiap waktu apapun musimnya. Seringkali kita memberi nama situasi kita--baik, buruk. Apapun nama yang kita tempel pada situasi kita, kabar baiknya Allah tetap baik. Allah itulah yang tinggal dalam hidup kita. Hidup itu harus menjadi berkat.

Kejadian 41:38 - Lalu berkatalah Firaun kepada para pegawainya: "Mungkinkah kita mendapat orang seperti ini, seorang yang penuh dengan Roh Allah?" Firaun raja kafir, tidak mengenal Yusuf, tapi Firaun bisa mengatakan seperti ini. Rupanya sekalipun di dalam penjara, Allah yang baik tetap menyertai Yusuf. Allah yang baik itu yang lebih disadari Yusuf, membuat Yusuf tetap urup, hidup memberkati. Kapan dia memberkati?

Ketika dia lihat ada sesama narapidana, dia berkata kenapa mukamu muram? Yusuf belum ditolong Tuhan, tapi dia perhatikan orang yang susah.

W.H. Offiler - The Holy Spirit ministry is to take of the things of Jesus Christ and shew them into us. (Yohanes 15:26, 16:14). Pelayanan Roh Kudus adalah mengambil perkara Yesus Kristus dan menunjukkannya kepada kita. 1 Korintus 12:3, setiap kita sudah ada Roh Kudus, sehingga kita bisa mengaku Yesus adalah Tuhan. 1 Yohanes 2:27. Pengurapan Roh Kudus tetap ada dalam kita, kita terima dari Tuhan. Tetapi saat kita sadar saya sudah ada Roh Kudus dalam hidup saya, tetap tinggallah di dalam Dia. Yohanes 15:26. Roh Kudus yang kita terima akan bersaksi, menunjukkan tentang Yesus kepada kita. Yohanes 16:13,14. Pelayanan Roh Kudus bukan hanya sekadar memberikan pewahyuan tentang Yesus kepada kita, tapi kuasa itu juga bekerja dalam hidup kita. Ada nubuatan tentang Yesus dalam Yesaya 61:1-3. Orang yang penuh Roh Kudus bukan berarti dia lebih baik dari orang lain, tapi hidupnya jadi berkat. Tuhan selalu punya tujuan ketika Dia berikan Roh Kudusnya dalam hidup kita.

Yusuf pernah dilupakan oleh juru minuman raja Firaun. Tepat pada waktunya ketika Firaun bermimpi dan tidak ada satupun yang bisa mengartikan, juru minuman ini teringat kepada Yusuf. Akhirnya Yusuf dipanggil ke istana dan dengan urapan Roh Kudus dia bisa mengartikan mimpi Firaun. Kejadian 41:40 - Engkaulah menjadi kuasa atas istanaku, dan kepada perintahmu seluruh rakyatku akan taat; hanya takhta inilah kelebihanku dari padamu." Firaun memberikan tugas ini. Ketika Yusuf penuh dengan Roh Kudus, dia menjadi penguasa di Mesir dan dia kerjakan kepemimpinannya di Mesir dalam pimpinan Roh Allah.

Ini maknanya urip iku urup, baik keadaannya masih susah di penjara ataupun sudah jadi penguasa. Apa sikap Yusuf setelah menjadi penguasa? Kejadian 45:8, Yusuf tidak sewenang-wenang, dia sadar di dalam kepenuhan Roh Allah, posisinya sebagai penguasa Mesir adalah bapa, bukan soal masalah kekuasaan tapi adalah bapa. Dalam terjemahan TLB - Ya, Tuhan yang mengirim aku ke sini, bukan kamu! Dan Dia menjadikanku penasihat bagi Firaun, dan pengelola seluruh bangsa ini, penguasa atas seluruh tanah Mesir. Yusuf sadar, dia bukan pemilik tapi pengelola semua yang dipercayakan.

Keluaran 31:2-6. Allah penuhi Bezaleel dengan Roh Allah dan kepenuhan Roh Allah, itu bukan soal Bezaleel kemudian dia bernubuat berbahasa lidah, tapi punya peran berbeda (ayat 3-5), mengerjakan pembangunan pembuatan perabotan Bait Allah. Ketika kita diurapi, dipenuhi Roh Allah, Tuhan ingin kita jadi berkat di sana.

Bilangan 27:18, Yosua yang penuh dengan Roh akhirnya yang memimpin menggantikan Musa, dia lakukan tugas kepemimpinannya, dia membawa seluruh bangsa masuk ke tanah perjanjian. Yosua, dia pimpin seluruh bangsa untuk benar-benar menggenapi firman Allah.

Kisah Para Rasul 6:5, Stefanus diaken--penuh iman dan Roh Kudus. Stefanus kerjakan bagiannya, dia jadi kabar baik bagi banyak orang, mati syahid. Kisah Para Rasul 7:55, 59-60. Saat dia mati syahid, ayat 58, seorang muda bernama Saulus akhirnya bertobat.

Penuh Roh Kudus bukan membuat status kita lebih tinggi. Ingat, Roh Kudus membuat hidup kita urup, kita bisa menyala, apapun dan dimanapun posisi kita, Roh Allah yang hidup akan penuhi kita jadi berkat untuk banyak orang. Ijinkan Roh Kudus memenuhi hidup kita, bekerja dalam hidup kita, Roh itu akan memberitahukan, menasihati, akan mengingatkan bahkan Roh itu akan memberitahukan perkara-perkara besar yang tidak pernah kita ketahui. Yohanes 16:13. Ketika Roh Allah memenuhi hidup kita, hidup kita urup, jadi berkat.

Amin.