Komitmen Dengan Tuhan

. Hits: 177

Ringkasan Khotbah Minggu siang, 14 Mei 2023 - Oleh Pdt. Daniel H. P. Rahardjo

Definisi komitmen adalah perjanjian atau keterikatan untuk melakukan sesuatu atau kontrak. Komitmen juga dapat diartikan sebagai suatu pernyataan atau janji untuk melakukan sesuatu secara konsisten dan bertanggung jawab. Komitmen biasanya dilakukan untuk mencapai tujuan atau untuk memenuhi kewajiban. Contoh kita punya cita-cita dalam hal belajar, kita akan punya tekad dan target untuk mencapai itu. Orang yang tidak memiliki komitmen biasanya tidak fokus, tidak disiplin, hidup serampangan.

Bagaimana komitmen kita kepada Tuhan?

Bilangan 30:2 “Apabila seorang laki-laki bernazar atau bersumpah kepada TUHAN, sehingga ia mengikat dirinya kepada suatu janji, maka janganlah ia melanggar perkataannya itu; haruslah ia berbuat tepat seperti yang diucapkannya.” Untuk kita intim dengan Tuhan, diperlukan suatu komitmen sehingga kita mengenal hati Tuhan. Harusnya semakin maju, jangan stagnan atau malah mundur. Ada target yang makin meningkat untuk beribadah.

Mazmur 119:106 “Aku telah bersumpah dan aku akan menepatinya, untuk berpegang pada hukum-hukum-Mu yang adil.” Hukum Tuhan adalah firman Allah. Untuk kita bisa melakukan komitmen yang konsisten, lakukanlah firman Allah. Allah pun berkomitmen pada kita. Bangsa Israel setiap hari dipelihara Tuhan. Tuhan tidak pernah membiarkan mereka kelaparan di padang gurun. 

2 Tawarikh 16:9 “Karena mata TUHAN menjelajah seluruh bumi untuk melimpahkan kekuatan-Nya kepada mereka yang bersungguh hati terhadap Dia. [NIV] "The eyes of the Lord range throughout the earth to strengthen those whose hearts are fully committed to Him." Fully commited artinya berkomitmen penuh. Bersungguh-sungguh hati. Berserah sepenuhnya pada Tuhan. Apa untungnya? Tuhan beri kekuatan kepada kita. Kekuatan hati, jiwa dan tubuh kita kuat. Seringkali orang dilemahkan dengan kondisi. Dengan kekuatan itu kita punya damai sejahtera.

Mengapa Tuhan ingin kita berkomitmen kepada-Nya?

1.      Agar dunia tahu betapa Tuhan penting bagi kita.

         Jika ada sesuatu yang penting dalam hidup kita, kita akan berkomitmen untuk itu.

         Contoh, jika kesehatan itu begitu penting bagi kita, kita akan berkomitmen menjaga kesehatan, berolahraga dan sebagainya.

         Mazmur 84:11,12, Tuhan semesta alam akan memberikan banyak hal yang diperlukan. Tuhan menjadi matahari yang artinya sumber kehidupan manusia. Dia juga menjadi perisai bagi orang yang berkomitmen.

         Mazmur 27:4 - komitmen Daud, satu hal--fokus utamanya jadi anak Tuhan seumur hidupnya.

2.      Tuhan ingin berkomitmen untuk menjadikan kita kuat--sesuai dengan rencana dan kehendak-Nya.

         Contoh: Yusuf. Cara kerja Tuhan seringkali beda dengan rencana kita. Kita ada seperti sekarang karena komitmen kita di masa lalu. Keadaan kita di esok hari juga tergantung bagaimana komitmen kita saat ini.

Komitmen Rut. Rut 1:16-17.

Saat Naomi kembali ke Betlehem, Rut ikut dengan Naomi, dia tidak mau kembali ke Moab. Moab gambaran kenajisan dunia ini. Naomi dapatkan malapetaka di sana. Betlehem bisa alami kelaparan, tapi Tuhan bisa tolong. Rut berkomitmen:

1.      “… ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi…”

         Jalan baru untuk langkah kaki Rut. Ibrani 10:19-20. Jalan baru = darah Yesus. Jalan baru terbuka ketika Yesus disalib.

2.      “… di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam...

         Tempat baru untuk rumahnya. Mazmur 84:3,11, rumah Tuhan, kita Bait Allah.

3.      “… bangsamulah bangsaku…”
R
ut menerima orang-orang baru sebagai temannya.  2 Korintus 6:14,17, Rut tidak hidup dengan cara lama.

4.      “Allahmulah Allahku.”
K
ekuatan yang baru untuk hidupnya, karena Allah sumber kekuatan, sumber segalanya. Yesaya 40:31. 

5.      “… di mana engkau mati, akupun mati di sana, dan di sanalah aku dikuburkan.
H
arapan baru untuk masa depannya. Ibrani 6:19; Efesus 2:6. Tenang di dalam Tuhan, tidak mencari-cari dunia lagi.

Amin.