Jadi Rekan Setara Kristus

. Hits: 56

Ringkasan Khotbah Minggu Siang, 24 September 2023 Oleh Pdt. Andrew M. Assa

 

Mazmur 19:1-6 - SIANG maupun malam, dengan tidak henti-hentinya, langit menyatakan kemuliaan Allah dan memperlihatkan pekerjaan tangan-Nya yang menakjubkan. Dengan diam-diam di cakrawala, tanpa suara atau kata, pesannya sampai ke segala penjuru dunia. Matahari berada di langit, di mana Allah telah menempatkannya dan bergerak melintasi cakrawala, berkilau-kilauan bagaikan mempelai laki-laki yang menuju ke pesta perkawinannya, atau girang bagaikan seorang atlet yang menghadapi perlombaan! Matahari melintasi langit dari ujung ke ujung dan tidak ada sesuatu pun yang dapat menyembunyikan diri dari panasnya. [FAYH] Ayat ini adalah gambaran pemazmur tentang matahari. Ada kemuliaan yang luar biasa. Menurut ilmu pengetahuan matahari menghasilkan energi sendiri. Matahari sudah berumur lebih dari 4.6 miliar tahun. Matahari bisa berhenti bersinar.  Hal ini diprediksi bisa terjadi sekitar 5 sampai 10 miliar tahun lagi ketika matahari kehabisan hidrogen. Matahari tidak menyusut tapi membesar. Yesaya 30:26, Tuhan nyatakan kemuliaan-Nya bahkan lewat ciptaan-Nya, tapi Tuhan bisa pakai siapa saja asal mau tersedia.

 

Pribadi-pribadi yang dipakai Tuhan:

 

Maria. Lukas 1:30 - Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Maria adalah orang biasa, tidak punya kedudukan, tidak terpelajar. Permasalahannya kita mau terima atau menolak, seperti Nazaret--kota tempat Yesus dibesarkan dan Kapernaum--tempat Yesus banyak mengadakan mukjizat, sekarang kota ini hanya reruntuhan. Yesus boleh ada di sana, ada pelayanan, tapi sayangnya mereka tahu firman Allah tapi selalu mempertanyakan. Ketika tahu firman Allah, ijinkan firman menjadi satu dengan iman. Jangan hanya menjadi pengetahuan. Maria terima anugerah Tuhan. Ayat 35, ketika Maria membuka hati, Allah bekerja. Firman jadi benih ilahi. “Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil." (ayat 37). Di tengah kemustahilan Allah ingin nyatakan kemuliaan-Nya. Tuhan selalu janjikan dan sediakan kemuliaan. Tuhan pakai firman untuk meneguhkan Yusuf. Ketika tiba saat untuk melahirkan bayi Yesus, tidak ada tempat untuk mereka. Namun Tuhan sediakan penyediaan-Nya lewat orang Majus, bahkan dua tahun sebelumnya orang Majus sudah berjalan untuk menjumpai bayi Yesus.

 

Tuhan bisa pakai juga orang yang terpelajar asal mau masuk dalam rencana-Nya. Rasul Paulus seorang yang terpelajar, dia punya tugas untuk membunuh pengikut Kristus. Kisah Para Rasul 26:12. Yesus datang sendiri kepada Paulus, Paulus punya keyakinan yang kuat untuk menjalani hidup kesalehannya. Paulus ditemui oleh Yesus sendiri. Kisah Para Rasul 26:16-18 - Tetapi sekarang, bangunlah dan berdirilah. Aku menampakkan diri kepadamu untuk menetapkan engkau menjadi pelayan dan saksi tentang segala sesuatu yang telah kaulihat dari pada-Ku dan tentang apa yang akan Kuperlihatkan kepadamu nanti. Aku akan mengasingkan engkau dari bangsa ini dan dari bangsa-bangsa lain. Dan Aku akan mengutus engkau kepada mereka, untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan. Kita beroleh pengampunan dosa karena iman dan kita punya hak yang luar biasa. Kisah Para Rasul 26:19. Tuhan pakai Saulus. Empat belas buku dari Perjanjian Baru ditulis Paulus.

Petrus, bukan orang yang terpelajar, tapi Tuhan bisa pakai. Tuhan juga bisa pakai lewat kita, 1 Timotius 2:1-4 - ... Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran. Tuhan kehendaki semua orang diselamatkan. Mazmur 2:8 - Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu. Mazmur 19:3-4. Berdoalah untuk bangsa ini, jadilah rekan kerja setara Kristus. 2 Korintus 3:18 - Dan kita semua mencerminkan kemuliaan Tuhan dengan muka yang tidak berselubung. Dan karena kemuliaan itu datangnya dari Tuhan yang adalah Roh, maka kita diubah menjadi serupa dengan gambar-Nya, dalam kemuliaan yang semakin besar. Kita hanya akan mencerminkan suara Tuhan.

 

Amin.